Ketentuan Tulisan

kirim tulisan
Hand drawn quill pen with an inkwell vector

Syarat dan Ketentuan Artikel Esai

  1. Panjang tulisan berkisar 1000-1500 kata dan setiap paragraf tidak lebih dari 5 baris (hal ini untuk memenuhi kebutuhan entertaining media).
  2. Artikel esai yang dikirimkan merupakan karya orisinil yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  3. Artikel esai yang dikirimkan diperkenankan memotret angle manapun yang berkaitan dengan tema prioritas bulanan yang diangkat (ada tema khusus setiap bulannya), maupun tema selainnya.
  4. Batas ambang plagiarisme artikel esai yang dikirimkan ialah 25% dan apabila lebih dari itu, maka tidak akan dimuat.
  5. Artikel esai ditulis menggunakan gaya penulisan ilmiah populer dan mengikuti aturan tata bahasa Indonesia yang disepakati (PUEBI/ EBI) serta memperhatikan penggunaan transliterasi.
  6. Mencantumkan sumber referensi yang digunakan dan menuliskannya dalam bentuk bodynote,(Nama Penulis, Tahun Terbit: Halaman), seperti berikut ini: (Sirry, 2017: 20), serta diikuti dengan kompilasi referensi di akhir tulisan (umumnya disebut “Daftar Pustaka”/ “Referensi”).
  7. Menyertakan informasi penulis berupa: nama lengkap (tidak boleh nama samaran), foto profil pribadi, email, nomor WhatsApp, dan biodata singkat. (ditulis di bagian bawah artikel).
  8. Penulis mengirimkan karyanya melalui email: ibihtafsir@gmail.com, dan diharuskan untuk mengisi subjek email dengan: “Tema 1-12 (Pilih Salah Satu)_Nama Penulis_Judul Tulisan”—untuk tulisan “Tema Prioritas” dan “Tematik” ataupun “Khazanah_Nama Penulis_Judul Tulisan”—untuk tulisan “Khazanah”. Email yang masuk tanpa subjek email tidak akan ditanggapi.

Catatan Redaksi

  1. Terdapat tiga kategori tulisan berdasarkan tema yang diterbitkan oleh ibihtafsir.id yaitu: a) Tema Prioritas (tulisan yang mengangkat tema prioritas pada bulan diterbitkannya tulisan); b) Tematik (tulisan yang mengangkat tema selain tema prioritas dan masuk dalam 11 kategori tema lainnya); c) Khazanah (tulisan yang tidak mengangkat tema prioritas serta tidak terkategorisasi dalam 11 tema lainnya).
  2. Redaksi memberikan apresiasi kepada penulis berupa fee sebesar Rp. 50.000,00/ tulisan—khusus untuk kategori “Tema Prioritas” dan “Tematik” dan Rp. 35.000,00/tulisan—khusus untuk kategori “Khazanah”. Honorarium dapat diklaim setelah tiga tulisan dimuat/ dipublikasikan di website ibihtafsir.id. (Rp. 150.000,00 sekali klaim)
  3. Setiap karya yang masuk dan dianggap memenuhi standar oleh redaksi, menjadi hak milik ibihtafsir.id, namun hak cipta tulisan tetap berada di tangan penulis.
  4. Redaksi berhak melakukan penyuntingan terhadap naskah yang telah diterima, baik berupa perubahan judul maupun redaksi tulisan yang sebelumnya akan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan penulis.
  5. Redaksi memberikan kewenangan/ izin kepada penulis untuk mengunggah tulisannya di media lain dengan syarat telah ditayangkan selama tiga hari di website ibihtafsir.id dan menyertakan tautan/ link sumber yang berasal dari ibihtafsir.id.
  6. Redaksi memberikan keleluasaan kepada penulis atau pembaca setia ibihtafsir.id untuk memberikan kritik dan saran kepada artikel yang diterbitkan melalui email: ibihtafsir@gmail.com

Tema Prioritas Setiap Bulan

            Redaksi telah menyusun tema prioritas setiap bulannya selama setahun (12 tema) sebagai upaya untuk memudahkan seleksi dan katalogisasi tulisan. Maka, penulis diharapkan mampu memotret angle manapun dari tema yang telah ditetapkan dan menjadikannya sebagai objek utama dalam tulisannya. Berikut ini ke-12 tema prioritas yang telah disusun oleh redaksi setiap bulannya:

  1. Tafsir dan Isu-Isu Kontemporer I (Sains/Ekologi)
  2. Tafsir dan Isu-Isu Kontemporer II (Gender/Feminisme)
  3. Tafsir dan Isu-Isu Kontemporer III (Nasionalisme/Kebangsaan/Politik)
  4. Tafsir dan Isu-Isu Kontemporer IV (Digital/Medsos)
  5. Tafsir dan Isu-Isu Kontemporer IV (Pendidikan)
  6. Studi Tafsir dalam Lintasan Sejarah (Era Awal Islam/Klasik)
  7. Studi Tafsir dalam Lintasan Sejarah (Era Pertengahan)
  8. Studi Tafsir dalam Lintasan Sejarah (Era Modern-Kontemporer)
  9. Pendekatan dan Pembaruan dalam Studi Tafsir (Living Qur’an/Sosio-Antro)
  10. Pendekatan dan Pembaruan dalam Studi Tafsir (Semantik/Hermeneutika)
  11. Pendekatan dan Pembaruan dalam Studi Tafsir (Sufisme/Spiritualisme)
  12. Review Terhadap Studi Qur’an dan Tafsir Terkini (Jurnal/Buku)
admin
administrator